Menu makanan untuk penderita kanker

Makanan yang baik dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi penderita kanker

 

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker hanya dapat dirawat dan sebagian sangat sulit untuk disembuhkan. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari.

Gejala Kanker

Berbagai gejala kanker di antaranya adalah :

  1. Nyeri dapat terjadi akibat tumor yang meluas menekan syaraf dan pembuluh darah disekitarnya, reaksi kekebalan dan peradangan terhadap kanker yang sedang tumbuh. Nyeri juga dapat disebabkan karena ketakutan atau kecemasan.
  2. Pendarahan atau pengeluaran cairan yang tidak wajar, misalnya ludah, batuk atau muntah yang berdarah, mimisan yang terus menerus, cairan puting susu yang mengandung darah, cairan liang senggama yang berdarah (diantara menstruasi/menopause), darah dalam tinja, atau darah dalam air kemih.
  3. Perubahan kebiasaan buang air besar
  4. Penurunan berat badan dengan cepat akibat kurang lemak dan protein (kaheksia)
  5. Benjolan pada payudara
  6. Gangguan pencernaan, misalnya sukar menelan yang terus menerus.
  7. Tuli, atau adanya suara – suara dalam telinga yang menetap.
  8. Luka yang tidak sembuh–sembuh
  9. Perubahan tahi lalat atau pada kulit yang mencolok

Makanan Yang Dianjurkan untuk Penderita Kanker

Penyakit kanker dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, yaitu : tidak merokok, menghindari makanan tinggi lemak, menambah makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah, rajin berolahraga, dan mengupayakan berat badan yang ideal. Selain itu hindarilah makanan yang dipanggang, dibakar, dan digoreng dengan minyak jelantah atau sampai gosong. Makanan serta minuman yang mengandung pengawet, pewarna, perasa, dan zat-zat kimia buatan dapat memicu kanker.

 

BACA JUGA ! TIPS SEHAT UNTUK PENDERITA KANKER 

 

Jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kanker di antaranya :

  1. Brokoli
    Brokoli adalah satu-satunya sayuran dengan jumlah sulforaphane cukup besar dibanding sayuran lain.
    “Sulforaphane merupakan senyawa yang sangat kuat meningkatkan enzim pelindung tubuh dan mengeluarkan zat kimia penyebab kanker,” kata seorang peneliti kanker, Jed Fahey, ScD.Brokoli dapat mencegah kanker payudara, hati, paru, prostat, kulit, perut, dan kanker kandung kemih.
  2. Buah Berry
    Semua jenis buah berry dapat melawan berbagai kanker. Tapi berry hitam mengandung konsentrasi fitokimia yang sangat tinggi, disebut anthocyanin.
    Profesor penyakit dalam di Ohio, Gary D Stoner, PhD, menjelaskan anthocyanin itu dapat memperlambat pertumbuhan sel premaligna (penyebab kanker) dan membentuk pembuluh darah baru.Bubuk konsentrat atau setengah cangkir berry hitam per hari dapat mencegah kanker usus besar, esofagus, mulut, dan kanker kulit.
  3. Tomat
    Buah ‘juicy’ ini merupakan sumber lycopene terbaik. Warna merah dari tomat juga disebut sebagai sumber karoten. Béliveau mengatakan kedua zat itu dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium.Kanker endometrium menyebabkan hampir 8.000 kematian per tahun. Selain mencegah endometrium, tomat juga dapat mencegah kanker paru-paru, prostat, dan perut.
  4. Kenari
    Profesor dari Marshall University School of Medicine di Huntington, Virginia Barat, Elaine Hardman, PhD, mengatakan pitosterol yang terkandung dalam kenari dapat memblokir reseptor estrogen dalam sel kanker payudara. Kenari juga dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat.Disarankan untuk mengunyah satu ons kenari perhari untuk mendapatkan manfaat terbaik.
  5. Bawang Putih
    Fitokimia dalam bawang putih telah ditemukan untuk menghentikan pembentukan nitrosamin dan karsinogen dalam perut. Nitrosamin dan karsinogen terbentuk saat Anda mengkonsumsi nitrat (bahan pengawet makanan).Studi kesehatan wanita di Iowa menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah cukup tinggi pada makanan memiliki risiko 50 persen lebih rendah terhadap kanker usus besar. Selain itu, bawang putih juga membantu melawan kanker payudara, usus besar, esofagus, dan kanker lambung.
  6. Kedelai Hitam
    Sebuah penelitian dari Michigan State University menemukan bahwa kedelai dan kedelai hitam dapat mengurangi terjadinya kanker usus besar pada tikus. Zat yang kaya dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar lemak asam butirat, yang dalam konsentrasi tinggi memiliki efek perlindungan terhadap pertumbuhan kanker.
    Studi lain, dalam jurnal Crop Science, menemukan kacang kering sangat efektif dalam mencegah kanker payudara pada tikus.Satu setengah porsi kecil kedelai hitam per minggu dapat mencegah kanker payudara dan kanker usus besar.

Selain itu, kita juga harus menjaga konsumsi sehari-hari kita. berbagai bahan makanan yang lainnya yang dapat mangurangi kanker di antaranya adalah :

  1. Sayuran
    Sayuran yang berwarna hijau tua, di antaranya adalah bayam, sawi hijau, katuk, daun dewa, sambungnyawa, dll. Sayuran berwarna hijau muda seperti selada, selada air, dan daun bawang. Sayuran berwarna terang seperti kubis, bunga kol, lobak, wortel, kentang, rebung, ubi, dll. Sayuran buah seperti tomat, terong, mentimun, pepaya, labu siam, kacang-kacangan, jagung, dll.
  2. Buah-buahan , Mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, Apel Malang, Pepaya, Tomat, Jeruk, Jambu biji, Mangga, danlain -lain, merupakan contoh buah-buahan yang baik untuk membantu proses pemulihan kanker payudara. Kandungan antioksidan di dalam buah dapat membantu menangkal radikal bebas yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya sel kanker berkembang. Selain itu akan membantu pemulihan tubuh, tubuh penderita juga akan terlihat lebih segar dan kulitnya tidak terlihat pucat.
  3. Aneka Jamur
  4. Lauk Pauk yang Bermanfaat , Lauk pauk yang baik di antaranya adalah kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, telur ayam kampung, dan ayam kampung.
  5. Daging tanpa lemak , Bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi, disarankan untuk mengkonsumsi daging merahyang rendah lemak dan rendah kolesterol. Anda bisa memilih bagian yang  memang tidak banya mengandung lemak. Jangan konsumsi terlalu berlebihan juga.
  6. Gandum utuh , Mengkonsumsi menu-menu makanan diet jauh lebih sehat untuk tubuh, salah satunya seperti gandum utuh. Mengonsumsinya juga tidak boleh berlebihan, cukup dengan mengonsumsi dalam porsi yangsecukupnya saja sebagai sumber energi bagi tubuh.
  7. Ikan , Sumber protein lain yang bisa Anda dapatkan untuk membantu proses pemulihan penyakit Anda yaitu dengan mengkonsumsi ikan.  Pilihlah ikan dengan kualitas dan nutrisi terbaik seperti ikan salmon dan tuna.
  8. Kentang , Makanan sehat jenis umbi-umbian ini akan menyediakan energi yang cukup bagi penderita kanker untuk memulihkan tubuh. Apalagi bagi Anda yangs edang menjalani perawatan kemoterapi yang tentunya membutuhkan energi yang cukup. Anda yang ingin mengkonsumsi kentang, disarankan untuk merebus dan mengukusnya terlebih dulu sebelum akan dikonsumsi. Boleh menambahkan sedikit garam agar rasanya lebih nikmat.
  9. Pasta , Loh ko pasta? Ya pasta, sekalipun orang banyak berfikir bahwa ia adalah jenis makanan junk food, namun pasta sebenarnya mengandung banyak bumbu yang sehat bagi tubuh. Dengan syarat jangan memasaknya dengan menggunakan bumbu instant, tetapi lebih disarankan untuk meracik sendiri bumbunya.
  10. Kacang Panjang , Kacang panjang diketahui baik untuk penderita kanker payudara, karena kacang panjang bermanfaat dalam membantu melawan sel kanker. Anda bisa mengolahnya dengan cara ditumis atau direbus agar lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh Anda.
  11. Telur , Anda bisa memilih telur untuk menjadi salah satu menu sehat Anda. Namun, pilihlah bagian putih telurnya saja untuk dikonsumsi saat sarapan pagi. Putih telur bermanfaat dalam melawan sel kanker dalam tubuh.
  12. Air , Gunakan air suling atau air yang dijernihkan dengan penjernih air berkualitas untuk segala keperluan masak-memasak , atau dengan air hydrogen terbaik untuk kanker.

 

BACA JUGA ! JENIS – JENIS PENYAKIT KANKER

 

Berikut kebenaran tentang asupan gizi dari makanan bagi pasien kanker 

1. Jangan konsumsi daging olahan, tapi makan daging tanpa lemak secukupnya

Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa daging olahan seperti bacon, sosis, ham dan daging kalengan bersifat karsinogenik. Mereka juga menyebut bahwa daging merah kemungkinan karsinogenik. Meskipun harus menimalkan konsumsi daging olahan, namun daging merah memberikan gizi penting. Termasuk asam amino esensial, zat besi dan vitamin B12.  Adapun daging tanpa lemak perlu dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan. konsumsinya bisa jadi bagian dari pola makan sehat. Pedomannya yaitu porsi seukuran telapak tangan untuk dua atau tiga kali dalam seminggu.

2. Gula tidak ‘memberi makan’ sel kanker

Beberapa orang mungkin membatasi asupan gula karena kepercayaan bahwa gula bisa menyediakan energi atau nutrisi bagi perkembangan sel kanker. Namun, menghindari gula tidak menghentikan sel kanker. Semua sel, baik sel sehat maupun sel kanker, menggunakan glukosa untuk energi. Glukosa didapat dari mencerna karbohidrat seperti gula. Ini dipecah menjadi glukosa yang kemudian terserap ke dalam aliran darah dan dipasok ke sel-sel.

Jikapun tubuh kekurangan glukosa dari sumber makanan, dia akan mencari cara lain untuk membuat energi esensial ini. Sebut saja dari protein dan lemak.  Artinya, tubuh akan memecah otot dan sumber lemak. Sehingga bisa menyebabkan turun berat badan, kelelahan dan penurunan fungsional. Karena itu penderita kanker tidak harus menghindari karbohidrat, terutama sebelum dan sesudah pengobatan.

3. Tidak kekurangan makan

Penyakit sekaligus pengobatan kanker bisa membuat naiknnya penggunaan protein dan lemak oleh tubuh. Akibatnya, pasien kanker seringkali membutuhkan kalori dan protein lebih tinggi. Sehingga sebaiknya pola makan tidak dipangkas karena mereka membutuhkan nutrisi optimal untuk membantu melalui periode ini.

4. Diet alkali atau asam?

Beberapa orang percaya bahwa kanker tumbuh pesat di lingkungan asam. Jadi penderita kanker mungkin mencoba lebih banyak konsumsi makanan alkali dan mengurangi asam. Namun melakukan hal itu tidak akan mengubah tubuh jadi lingkungan alkali. Sebab tidak mungkin mengubah pH darah di luar kisaran normal. Jika ada pergeseran dalam keseimbangan asam-basa, tubuh secara otomatis akan memperbaikinya.

5. Pil antioksidan tidak menyembuhkan semuanya

Makanan yang kaya antioksidan, seperti sayur dan buah, telah menunjukkan manfaat dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan merupakan zat yang melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Namun mengonsumsi antioksidan dalam bentuk terkonsentrasi seperti suplemen, belum terbukti terkait hal ini. Pada kenyataannya, bagi orang yang menjalani pengobatan kanker, suplemen antioksidan bisa berinteraksi dengan metabolisme obat kanker. Membuatnya jadi kurang efektif.

6. Jangan fokus pada makanan tertentu

Sebaiknya lihat gambaran keseluruhan bagi kesehatan. Misalnya, menjaga berat badan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Seperti kanker payudara, usus, ginjal dan pankreas. Disamping itu, hindari perubahan drastis. Sebaiknya fokus pada asupan kalori dan protein yang cukup. Sebagai contoh, pasien kanker bisa meningkatkan kalori, protein dan kandungan gizi dengan menambahkan minyak tak jenuh, telur, susu, tahu atau keju dalam makanannya.  Dengan memastikan tekstur makanan punya konsistensi lembut dapat membuat pengidap kanker lebih mudah mengunyah dan menelannya.

Dengan asupan makanan yang sehat dan dibarengi dengan menjalankan gaya hidup sehat, berjuang dalam melawan kanker akan jauh lebih mudah. Percaya pada keajaiban dan percaya terhadap diri sendiri bahwa tubuh Anda jauh lebih kuat dibanding sel-sel kanker tersebut.

Nutrisi Penting bagi Penderita Kanker

Banyaknya makanan yang harus dihindari, pasti membuat Anda bingung memikirkan makanan yang aman dan sehat bagi penderita kanker. Keterangan di bawah ini dapat membantu Anda memilih makanan yang dapat anda konsumsi secara aman.

Di dalam buku Breast Cancer—What Every Woman Should KnowDr. Paul Rodriguezmengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh, yang bertugas mengenali dan menghancurkan sel-sel yang abnormal seperti kanker,  dapat diperkuat melalui makanan.  Ia menyarankan untuk memakan makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau, kerang, dan buah serta sayuran yang kaya akan vitamin C.

Kerang mengandung omega 3 yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan dapat dikonsumsi penderita kanker dengan cara dikukus atau direbus dan dengan catatan tidak terlalu sering karena meskipun mengandung omega 3, kerang juga mengandung lemak dan kolesterolyang cukup tinggi.

Kacang kedelai dan produk kedelai tanpa difermentasi diketahui mengandung genistein dan diketahui dapat menghambat pertumbuhan tumor dalam percobaan laboratorium.

Rekomendasi lain, hindari makanan berlemak! “Semua lemak—jenuh dan tak jenuh—ada kaitannya dengan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker,” kata Dr. John A. McDougall. Jika Anda memilih daging, maka pastikan bahwa itu mengandung sedikit lemak di dalamnya atau di luar. Pilihlah susu yang rendah kadar lemaknya atau susu tanpa lemak dan juga kurangi pemakaian mentega.

Makanlah makanan anti-kanker yang mengandung vitamin A dan C, seperti sayur-sayuran yang hijau tua—brokoli (sejenis kembang kol), sawi hijau, bayam, selada air, bit (lobak merah), kangkung (dianjurkan agar tidak terlalu sering dikonsumsi karena dapat mengurangi efektifitas obat), dan bahkan rumput yang bunganya kuning!

Makanan yang berwarna kuning-oranye juga baik untuk kanker karena mengandung vitamin A dan C: sayur-sayuran—wortel, ubi, labu, ubi jalar; buah-buahan—aprikot, buah lemon, pepaya, buah persik, semangka, tomat, dll.

Pola makan yang baik akan membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh Anda dan merupakan barisan pertahanan Anda yang pertama. Mengikuti pola makan yang benar dapat menjadi tindakan yang bijak selama proses pengobatan

 

obat herbal pasar online terpercaya :

  • lauk pauk untuk penderita kanker payudara
  • makanan protein yang boleh dikonsumsi penderita kanker
  • Menu buat kanker kandung kemih
  • menu makanan penderita kanker

You may also like...

%d bloggers like this: